Selasa, 03 Mei 2016

RPP Buku Bank

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)
                                                

Sekolah                                          :  SMP Negeri  29  Jakarta
Mata Pelajaran                               :  Jasa Perniagaan
Kelas / Semester                            :  VIII / 2
Aspek                                            :  Pemahaman dan penerapan
Standar Kompetensi                      : 3.  Memahami dan membukukan transaksi   keuangan ke dalam buku harian dalam tata buku  tunggal
Kompetensi Dasar                         :  3.2. Membuat buku kas dan buku bank
Indikator                                        :  
Peserta didik mampu :
Ø  Mendefinisikan pengertian  buku bank
Ø  Mendefinisikan  pengertian  bank
Ø  Mengklasifikasi   fungsi bank
Ø  Mendeskripsikan perubahan simpanan di bank
Ø  Mendeskripsikan aturan pembukuan buku bank
Ø  Membuat  bentuk kolom buku bank
Ø  Mempraktekkan  pembukuan buku bank
Alokasi Waktu                              :   2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran
    Setelah  mempelajari materi ini, peserta didik mampu :
Ø  Mendefinisikan pengertian  buku bank
Ø  Mendefinisikan  pengertian  bank
Ø  Mengklasifikasi   fungsi bank
Ø  Mendeskripsikan perubahan simpanan di bank
Ø  Mendeskripsikan aturan pembukuan buku bank
Ø  Membuat  bentuk kolom buku bank
Ø  Mempraktekkan  pembukuan buku bank

                                                           
1.Materi  pembelajaran
Ø  pengertian  buku bank
Ø  pengertian  bank
Ø  fungsi bank
Ø  perubahan simpanan di bank
Ø  aturan pembukuan buku bank
Ø  bentuk kolom buku bank
Ø  praktek  pembukuan buku bank



2.      Metode Pembelajaran
Model        : Cooperatif Learning
Metode      : Ceramah interaktif, Tanya jawab, penugasan.

3.   Media  pembelajaran
-          Tayangan dari power point

4.   Sumber Belajar
-    Buku Jasa Perniagaan untuk SMP/ MTs kelas VIII ( Drs. Sumarno dkk, Penerbit  Akasia, 2010, Jakarta )
-          LKS  Jasa Perniagaan Friend 06 paket 2 ( Media Raya, Surakarta )




6. Langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan
Uraian Pembelajaran
Waktu
Kegiatan
Awal
Mengkondisikan  Kelas
  1. Mengkondisikan kelas
Ø    Menyapa dan mengabsen peserta didik
  1. Mengkondisikan Siswa
Ø  Menayangkan video dari internet. Peserta didik mengomentari tayangan tersebut.
Ø  Membacakan  standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dicapai
Ø  Menjelaskan tujuan,proses pembelajaran materi  buku bank

Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan menanyakan kepada beberapa siswa  tentang  bank yang  ada disekitar tempat tinggalnya, bagaimana proses  menabung di bank Sehingga siswa diharapkan berjiwa  hemat.
10 ‘
 Kegiatan
Inti
EKSPLORASI
Dalam  kegiatan eksplorasi, guru menayangkan materi   pembukuan buku bank.
-      Guru membimbing siswa menemukan konsep  pengertian, macam, buku bank.
-      Guru dan siswa mendiskusikan  materi buku bank.

ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru meminta peserta didik :
-       mencermati  latihan soal yang ada
-      Guru menjelaskan   cara penyelesaian soal .
-      Peserta didik mempraktekkan penyusunan buku bank   dari latihan  soal  dengan teliti


KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
-      Memberikan  konfirmasi serta penguatan positif terhadap jawaban yang diberikan peserta didik.
-      Membuat refleksi tentang kesan yang dirasakan serta pengetahuan yang didapat hari ini tentang  buku bank.
60’
Kegiatan
Akhir
Rewiew
-      Salah satu peserta didik memberikan kesimpulan  materi buku bank.
-      Guru memberikan  penguatan kesimpulan materi  buku bank.
Penugasan
-      Siswa ditugaskan mempelajari materi pertemuan berikutnya mengenai buku  debitur.
10 ‘




7. Penilaian
    Bentuk instrumen
-        Tes tertulis
-           Praktek

No
Indikator
Instrumen
1.
Mendefinisikan pengertian buku bank.
Jelaskan pengertian buku bank
2.
Mendefinisikan pengertian  bank.
Jelaskan pengertian buku bank
3.
Mengklasifikasi  fungsi bank.
Sebutkan fungsi bank
4.
Mendeskripsikan  perubahan jumlah simpanan bank.
Jelaskan faktor yang menyebabkan perubahan  bank
5.
Mendeskripsikan aturan pembukuan  buku bank
Jelaskan  aturan  pembukuan buku bank
6.
Membuat bentuk  kolom buku bank.
Buatlah kolom buku bank



7.
Mempraktekkan  pembukuan buku bank
Tuan Muhammad  seorang pedagang di pasar Mayestik, Jakarta. Catatan keuangan selama bulan April 2011 sebagai berikut :
April   1                       : Saldo awal sebesar  Rp.  25.000.000,00
April   2         : Dibayar utang kepada  Tuan  Usman  , Jakarta melalui Bank Mandiri dengan cek nomor   001  senilai Rp.  6. 500.000,00
April   10       : Diterima tagihan piutang dari Ny. Fattiya, Jakarta melalui Bank BCA  dengan nomor   bukti  211 sebesar Rp.  2.500.000,00
April   15       : Diambil uang dari bank Mandiri  dengan nomor bukti  002 senilai Rp. 4.500.000,00
April   20       : Disetor uang tunai ke Bank Mandiri senilai Rp. 1.500.000,00 dengan nomor bukti  103
April  25        : Diterima uang  pembayaran utang dari Tuan Lutfi, Jakarta dengan nomor bukti  204 senilai Rp. 2.500.000,00
Diminta : Catatlah transaksi tersebut ke dalam buku bank


Skore Penilaian dan Kunci Jawaban

No
Kunci   Jawaban
Skore
1.
Pengertian buku  bank adalah buku yang digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan perubahan uang yang ada  di bank.


2.
Pengertian  Bank : adalah  simpanan uang  perusahaan  yang sewaktu – waktu dapat diambil  secara tunai maupun melalui cek  dan bilyet giro  serta  dapat bertambah  karena  adanya setoran perusahaan dan berkurang karena adanya penarikan / pengambilan.


3.
Fungsi bank adalah sebagai tempat untuk :
1.      Menyimpan uang
2.      Melakukan pembayaran
3.      Menerima uang dari pihak lain
4.      Memberikan pinjaman
5.      Mentransfer uang


4.
Perubahan  Bank
Bertambah       : -    penyetoran kas ke bank
-          Diterima tagihan / piutang melalui  bank
Berkurang       : -    Pengambilan uang dari bank
-          Pembayaran utang  melalui bank


5
Aturan pembukuan buku bank :
1.      Saldo awal ditulis sebelah debet
2.      Penerimaan dicatat di sebelah debet
3.      Pengeluaran dicatat disebelah kredit
4.      Semua penerimaan dan pengeluaran disertai bukti – bukti
5.      Saldo akhir dihitung dari selisih  debet dengan kredit
6.      Saldo akhir ditulis pada jumlah yang  lebih kecil
7.      Pembukuan ditutup  dengan  jumlah yang sama  debet dan kredit
8.      Jumlah saldo akhir merupakan saldo awal bulan berikutnya.
9.      Saldo awal bulan berikutnya dibuka kembali dengan cara disilang.

6
Kolom buku bank adalah berbentuk skontro ( sebelah menyebelah )
Tanggal
Uraian
No. bukti
Jumlah

Tanggal
Uraian
No. bukti
Jumlah
























7





Penyelesaian
Tuan  Muhammad, Jakarta
Buku Bank
Bulan   April 2011
Tanggal
Uraian
No. bukti
Jumlah
Tanggal
Uraian
No. bukti
Jumlah
April
2011















Mei
2011
1


10

20


25








1
Saldo awal

Diterima tagihan
Disetor kas

Diterima tagihan







Saldo awal

-


211

103


204
Rp. 25.000.000


Rp.   2.000.000

Rp.  1.500.000


Rp.  2.500.000


00


00

00

00



April
2011
2


15

30
Dibayar utang

Diambil kas

Saldo akhir





001


002

-
Rp. 6.500.000


Rp.  4.500.000

Rp 20.000.000






00


00

00






Rp. 31.000.000
00
Rp. 31.000.000
00

Rp. 20.000.000

00





Nilai    : Skore yang diperoleh
             ---------------------------------  X 100
              Skore Maksimal





Mengetahui,                                                                                     Jakarta,      Pebruari  2015
Kepala SMP Negeri 29 Jakarta                                                        Guru Mata pelajaran



Dra. Siti Hairunisa, MPd                                                                 Yuli Erkhinah, SPd
NIP. 195706011985032004                                                                        NIP. 197307251998032003



Tidak ada komentar:

Posting Komentar