RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP
Negeri 29 Jakarta
Mata Pelajaran :
Jasa Perniagaan
Kelas / Semester :
VIII / 2
Aspek : Pemahaman dan penerapan
Standar Kompetensi : 3. Memahami dan membukukan transaksi keuangan ke dalam buku harian dalam tata
buku tunggal
Kompetensi Dasar : 3.2. Membuat buku kas
dan buku bank
Indikator :
Peserta didik mampu :
Ø
Mendefinisikan pengertian buku bank
Ø
Mendefinisikan pengertian
bank
Ø
Mengklasifikasi fungsi bank
Ø
Mendeskripsikan perubahan
simpanan di bank
Ø
Mendeskripsikan aturan
pembukuan buku bank
Ø
Membuat bentuk kolom buku bank
Ø
Mempraktekkan pembukuan buku bank
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini,
peserta didik mampu :
Ø
Mendefinisikan pengertian buku bank
Ø
Mendefinisikan pengertian
bank
Ø
Mengklasifikasi fungsi bank
Ø
Mendeskripsikan perubahan
simpanan di bank
Ø
Mendeskripsikan aturan
pembukuan buku bank
Ø
Membuat bentuk kolom buku bank
Ø
Mempraktekkan pembukuan buku bank
1.Materi pembelajaran
Ø
pengertian buku bank
Ø
pengertian bank
Ø
fungsi bank
Ø
perubahan simpanan di bank
Ø
aturan pembukuan buku bank
Ø
bentuk kolom buku bank
Ø
praktek pembukuan buku bank
2. Metode
Pembelajaran
Model : Cooperatif
Learning
Metode : Ceramah
interaktif, Tanya jawab, penugasan.
3.
Media pembelajaran
-
Tayangan dari power point
4.
Sumber Belajar
-
Buku Jasa Perniagaan untuk SMP/
MTs kelas VIII ( Drs. Sumarno dkk, Penerbit
Akasia, 2010, Jakarta )
-
LKS Jasa Perniagaan Friend 06 paket 2 ( Media
Raya, Surakarta )
6.
Langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan
|
Uraian
Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Mengkondisikan Kelas
Ø
Menyapa dan mengabsen peserta
didik
Ø
Menayangkan video dari
internet. Peserta didik mengomentari tayangan tersebut.
Ø
Membacakan standar kompetensi dan kompetensi dasar
yang akan dicapai
Ø
Menjelaskan tujuan,proses
pembelajaran materi buku bank
Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan menanyakan
kepada beberapa siswa tentang bank yang
ada disekitar tempat tinggalnya, bagaimana proses menabung di bank Sehingga siswa diharapkan
berjiwa hemat.
|
10
‘
|
Kegiatan
Inti
|
EKSPLORASI
Dalam
kegiatan
eksplorasi, guru menayangkan materi
pembukuan buku bank.
-
Guru membimbing siswa
menemukan konsep pengertian, macam,
buku bank.
-
Guru dan siswa
mendiskusikan materi buku bank.
ELABORASI
Dalam
kegiatan elaborasi, guru meminta peserta didik :
-
mencermati
latihan soal yang ada
-
Guru menjelaskan cara penyelesaian soal .
-
Peserta didik mempraktekkan
penyusunan buku bank dari
latihan soal dengan teliti
KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
-
Memberikan konfirmasi serta penguatan positif terhadap
jawaban yang diberikan peserta didik.
-
Membuat refleksi tentang
kesan yang dirasakan serta pengetahuan yang didapat hari ini tentang buku bank.
|
60’
|
Kegiatan
Akhir
|
Rewiew
-
Salah satu peserta didik
memberikan kesimpulan materi buku
bank.
-
Guru memberikan penguatan kesimpulan materi buku bank.
Penugasan
-
Siswa ditugaskan mempelajari
materi pertemuan berikutnya mengenai buku
debitur.
|
10 ‘
|
|
|
|
7. Penilaian
Bentuk
instrumen
- Tes tertulis
-
Praktek
No
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Mendefinisikan pengertian buku bank.
|
Jelaskan pengertian buku bank
|
2.
|
Mendefinisikan pengertian
bank.
|
Jelaskan pengertian buku bank
|
3.
|
Mengklasifikasi fungsi
bank.
|
Sebutkan fungsi bank
|
4.
|
Mendeskripsikan perubahan
jumlah simpanan bank.
|
Jelaskan faktor yang menyebabkan
perubahan bank
|
5.
|
Mendeskripsikan aturan pembukuan
buku bank
|
Jelaskan
aturan pembukuan buku bank
|
6.
|
Membuat bentuk kolom buku
bank.
|
Buatlah kolom buku bank
|
|
|
|
7.
|
Mempraktekkan pembukuan
buku bank
|
Tuan Muhammad seorang pedagang di pasar Mayestik,
Jakarta. Catatan keuangan selama bulan April 2011 sebagai berikut :
April
1 : Saldo
awal sebesar Rp. 25.000.000,00
April
2 : Dibayar utang
kepada Tuan Usman
, Jakarta melalui Bank Mandiri dengan cek nomor 001
senilai Rp. 6. 500.000,00
April
10 : Diterima tagihan
piutang dari Ny. Fattiya, Jakarta melalui Bank BCA dengan nomor bukti
211 sebesar Rp. 2.500.000,00
April
15 : Diambil uang dari bank
Mandiri dengan nomor bukti 002 senilai Rp. 4.500.000,00
April 20 :
Disetor uang tunai ke Bank Mandiri senilai Rp. 1.500.000,00 dengan nomor
bukti 103
April
25 : Diterima uang pembayaran utang dari Tuan Lutfi, Jakarta
dengan nomor bukti 204 senilai Rp.
2.500.000,00
Diminta : Catatlah transaksi tersebut ke dalam
buku bank
|
Skore Penilaian dan Kunci
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skore
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
Pengertian buku bank adalah buku yang digunakan untuk
mencatat transaksi yang berhubungan dengan perubahan uang yang ada di bank.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Pengertian Bank : adalah simpanan uang perusahaan
yang sewaktu – waktu dapat diambil
secara tunai maupun melalui cek
dan bilyet giro serta dapat bertambah karena
adanya setoran perusahaan dan berkurang karena adanya penarikan / pengambilan.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Fungsi bank adalah sebagai tempat untuk :
1.
Menyimpan uang
2.
Melakukan pembayaran
3.
Menerima uang dari pihak lain
4.
Memberikan pinjaman
5.
Mentransfer uang
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Perubahan Bank
Bertambah : - penyetoran kas ke bank
-
Diterima tagihan / piutang
melalui bank
Berkurang :
- Pengambilan uang dari bank
-
Pembayaran utang melalui bank
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Aturan pembukuan buku bank :
1.
Saldo awal ditulis sebelah
debet
2.
Penerimaan dicatat di sebelah
debet
3.
Pengeluaran dicatat disebelah
kredit
4.
Semua penerimaan dan
pengeluaran disertai bukti – bukti
5.
Saldo akhir dihitung dari selisih debet dengan kredit
6.
Saldo akhir ditulis pada
jumlah yang lebih kecil
7.
Pembukuan ditutup dengan
jumlah yang sama debet dan
kredit
8.
Jumlah saldo akhir merupakan
saldo awal bulan berikutnya.
9.
Saldo awal bulan berikutnya
dibuka kembali dengan cara disilang.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Kolom buku bank adalah berbentuk skontro ( sebelah menyebelah )
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Penyelesaian
Tuan
Muhammad, Jakarta
Buku Bank
Bulan
April 2011
|
Nilai
: Skore yang diperoleh
---------------------------------
X 100
Skore Maksimal
Mengetahui, Jakarta, Pebruari 2015
Kepala SMP
Negeri 29 Jakarta Guru
Mata pelajaran
Dra. Siti Hairunisa, MPd Yuli
Erkhinah, SPd
NIP. 195706011985032004
NIP. 197307251998032003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar