RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP
Negeri 29 Jakarta
Mata Pelajaran :
Jasa Perniagaan
Kelas / Semester :
VIII / 2
Aspek : Pemahaman dan penerapan
Standar Kompetensi : 3. Memahami
dan membukukan transaksi keuangan ke dalam buku harian dalam
tata buku tunggal.
Kompetensi Dasar 3.2. Membuat
buku kas dan buku
bank
Indikator
:
Peserta didik mampu :
- Mendefinisikan pengertian
buku kas
- Mengklasifikasi faktor
yang menyebabkan kas
bertambah dan berkurang
- Mendeskripsikan aturan pembukuan
kas
- Mengklasifikasi macam jenis
buku kas
- Mengklasifikasi bentuk
buku kas
- Mendeskripsikan cara
pembukuan buku kas
- Mempraktekkan pembukuan buku
kas skontro dan
staffel
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit ( 3 x pertemuan )
1.Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
: - Mendefinisikan pengertian
buku kas
-
Mengklasifikasi faktor yang
menyebabkan kas bertambah
dan berkurang
-
Mendeskripsikan aturan
pembukuan kas
-
Mengklasifikasi macam jenis buku
kas
-
Mengklasifikasi bentuk buku
kas
-
Mendeskripsikan cara pembukuan
buku kas
-
Mempraktekkan pembukuan buku kas
skontro dan staffel
1.Materi pembelajaran
Pertemuan :
- Pengertian buku
kas
- Faktor
yang menyebabkan kas
bertambah dan berkurang
- Aturan
pembukuan ka
- Macam jenis
buku kas
- Bentuk buku
kas
- Cara
pembukuan buku kas
Mempraktekkan pembukuan buku
kas skontro dan
staffel
Metode Pembelajaran
Model : Cooperatif Learning
Metode : Ceramah
interaktif, Tanya jawab, penugasan.
2.
Media pembelajaran
-
Modul materi
transaksi keuangan, buku kas dan buku bank, buku debitur, buku kreditur
3.
Sumber Belajar
-
Buku Jasa Perniagaan untuk SMP/
MTs kelas VIII ( Drs. Sumarno dkk, Penerbit
Akasia, 2010, Jakarta )
-
LKS Jasa Perniagaan Friend 06 paket 2 ( Media
Raya, Surakarta )
6.
Langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan
|
Uraian
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
|
|
|
-
|
|
|
-
|
|
PERTEMUAN
2
Kegiatan
Awal
|
Mengkondisikan Kelas
Ø
Menyapa dan mengabsen peserta
didik
Ø
Membagikan modul
buku kas
Ø
Membacakan standar kompetensi dan kompetensi dasar
yang akan dicapai
Ø
Menjelaskan tujuan,proses
pembelajaran materi buku kas
Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan menanyakan
kepada beberapa siswa tentang uang
kas yang dimiliki. Sehingga siswa diharapkan berjiwa
jujur dan hemat.
|
10
‘
|
Kegiatan
Inti
|
EKSPLORASI
Dalam
kegiatan
eksplorasi, guru mendiskusikan
materi pembukuan buku kas.
-
Guru membimbing siswa
menemukan konsep pengertian, macam,
buku kas.
-
Guru dan siswa
mendiskusikan materi buku
kas.
ELABORASI
Dalam
kegiatan elaborasi, guru meminta peserta didik :
-
Mencermati latihan soal yang ada
-
Guru menjelaskan cara penyelesaian soal .
-
Peserta didik mempraktekkan
penyusunan buku kas
dari latihan soal dengan teliti
KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
-
Memberikan konfirmasi serta penguatan positif terhadap
jawaban yang diberikan peserta didik.
-
Membuat refleksi tentang
kesan yang dirasakan serta pengetahuan yang didapat hari ini tentang buku
kas.
|
60’
|
Kegiatan
Akhir
|
Rewiew
-
Salah satu peserta didik
memberikan kesimpulan materi buku
kas.
-
Guru memberikan penguatan kesimpulan materi
buku kas
Penugasan
-
Siswa ditugaskan mempelajari
materi pertemuan berikutnya mengenai
materi buku bank
-
|
10 ‘
|
|
|
|
|
-
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
-
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
-
|
|
|
-
|
|
7. Penilaian
Bentuk
instrumen
-
Praktek
No
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan pengertian
buku harian
|
Jelaskan
pengertian buku harian
|
2.
|
Mengklasifikasi macam
buku harian
|
Sebutkan
macam buku harian
|
3.
|
Mendefinisikan pengertian
buku kas
|
Jelaskan
pengertian buku kas
|
4.
|
Mendeskripsikan perubahan kas
|
Jelaskan
perubahan kas
|
5.
|
Mengklasifikasi macam
buku kas
|
Sebutkan
macam buku kas
|
6.
|
Mendeskripsikan bentuk buku
kas
|
Jelaskan
bentuk buku kas
|
7.
|
Mendeskripsikan cara mengisi
buk kas
|
Jelaskan
cara mengisi buku
kas
|
8.
|
Mempraktekkan
pembukuan buku kas
|
Pencatatan buku
kas kelas VIII SMP N 29 Jakarta
selama bulan Juli tahun
2011 sebagai berikut :
Juli 2 : Diteima iuran
dari 20 siswa @ Rp. 10.000,00 sejumlah Rp.
200.000,00
Juli 5 : Dibeli sapu, pel, dan tempat sampah
sebesar Rp. 100.000,00
Juli 9 : Diterima iuran dari 10 siswa @ Rp. 10.000,00 sejumlah Rp.
100.000,00
Juli 15 : Dibayar biaya
fotokopi sebesar Rp. 5.000,00
Juli 20 : Dipinjam Budi untuk beli dasi Rp. 15.000,00
Juli 21 : Diterima pelunasan pinjaman dari Budi Rp. 15.000,00
Juli 23 : Diterima iuran dari 10 siswa @ Rp. 10.000,00 sebesar Rp. 100.000,00
Juli 25 : Dibeli kunci gembok lemari Rp. 20.000,00
Juli 27 : Dibeli pewangi ruangan 2 buah @ Rp. 7.500,00
sejumlah Rp. 15.000,00
Diminta :
Buatlah pencatatan buku kas skontro
|
Skore Penilaian dan Kunci
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skore
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
PENGERTIAN BUKU
KAS
Adalah buku
yang digunakan untuk mencatat penerimaan dan pengeluaran uang .
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
PERUBAHAN JUMLAH KAS
Bertambahnya kas karena :
1.
Penerimaan pendapatan
2.
Penerimaan tagiha
/ piutang
3.
Penerimaan bunga
bank
Berkurangmya
kas karena :
1.
Pembelian tunai
2.
Pembayarann utang
3.
Pembayaran biaya
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Jenis buku kas
:
1.
Buku Kas Harian
Adalah buku kas yang digunakan untuk mencatat
transaksi keuangan selama satu hari ( setiap hari ).
2.
Buku Kas Bulanan
Adalah buku kas yang
digunakan untuk mencatat transaksi keuangan selama satu bulan ( dimulai dari
awal bulan sampai akhir bulan ).
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
BENTUK BUKU KAS
1.
Buku Kas Bentuk Skontro
Adalah : Buku kas yang lajur atau kolomnya dibagi menjadi dua bagian.Bagian kiri merupakan
sisi debet ( mencatat penerimaan ) dan bagian kanan merupakan sisi kredit ( mencatat pengeluaran ).
2.
Buku Kas Bentuk Staffel
Adalah : Buku kas
yang bagian debet dan kredit letaknya berdekatan.
Bagian debet untuk mencatat penerimaan dan bagian kredit
untu mencatat pengeluaran.
Saldo merupakan selisih antara jumlah debet dan kredit.
3.
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
CARA MENGISI
BUKU KAS
1.
Transaksi diawali dari
data neraca awal atau saldo bulan
lalu
2.
Saldo awal kas dimasukkan sebelah
debet
3.
Transaksi dicatat menurut urutan waktu ( kronologis )
4.
Penerimaan dicatat
sebelah debet
5.
Pengeluaran dicatat sebelah kredit
6.
Pada akhir
bulan, buku kas ditutup dan dicari saldonya
7.
Saldo akhir dihitung dari
selisih debet dengan kredit ( ditulis
di bagian yang jumlahnya lebih kecil )
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8.
|
Buku Kas skontro
K
|
|
Nilai
: Skore yang diperoleh
---------------------------------
X 100
Skore Maksimal
Mengetahui, Jakarta, Pebruari 2015
Kepala SMP
Negeri 29 Jakarta Guru
Mata pelajaran
Dra. Siti Hairunisa, MPd Yuli
Erkhinah, SPd
NIP. 195706011985032004
NIP. 197307251998032003
Maaf kak,ini ga ada yg bentuk file docx ya kak?
BalasHapus