Selasa, 03 Mei 2016

RPP Buku Kas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)
                                                                           

Sekolah                                          :  SMP Negeri  29  Jakarta
Mata Pelajaran                               :  Jasa Perniagaan
Kelas / Semester                            :  VIII / 2
Aspek                                            :  Pemahaman dan penerapan
     Standar Kompetensi                     :  3. Memahami  dan membukukan  transaksi  keuangan ke dalam buku harian  dalam  tata  buku  tunggal.
Kompetensi Dasar                                                                                                                    3.2. Membuat  buku  kas dan  buku  bank
Indikator                                            :  
Peserta didik mampu :
     
-  Mendefinisikan  pengertian  buku  kas
 -  Mengklasifikasi  faktor  yang  menyebabkan  kas  bertambah  dan  berkurang
  -  Mendeskripsikan aturan  pembukuan  kas
 - Mengklasifikasi  macam jenis  buku  kas
 - Mengklasifikasi  bentuk  buku  kas
 -  Mendeskripsikan  cara  pembukuan  buku  kas
 - Mempraktekkan pembukuan buku kas  skontro  dan  staffel
       
Alokasi Waktu :   2  x  40 menit  ( 3 x pertemuan )

1.Tujuan Pembelajaran

 Pertemuan  
      : -  Mendefinisikan  pengertian  buku  kas
        -  Mengklasifikasi  faktor  yang  menyebabkan  kas  bertambah  dan  berkurang
        -  Mendeskripsikan aturan  pembukuan  kas
       -  Mengklasifikasi  macam jenis  buku  kas
       -  Mengklasifikasi  bentuk  buku  kas
        -  Mendeskripsikan  cara  pembukuan  buku  kas
       -  Mempraktekkan pembukuan buku kas  skontro  dan  staffel
                         
                                                           
1.Materi  pembelajaran
Pertemuan                   :
-  Pengertian  buku  kas
 -  Faktor  yang  menyebabkan  kas  bertambah  dan  berkurang
   -   Aturan  pembukuan  ka
 -  Macam jenis  buku  kas
-  Bentuk  buku  kas
 -  Cara  pembukuan  buku  kas
  Mempraktekkan pembukuan buku kas  skontro  dan  staffel
                                                                                                 
      Metode Pembelajaran
Model        : Cooperatif Learning
Metode      : Ceramah interaktif, Tanya jawab, penugasan.

2.   Media  pembelajaran
-          Modul  materi  transaksi keuangan, buku kas dan buku bank, buku debitur, buku kreditur
3.   Sumber Belajar
-    Buku Jasa Perniagaan untuk SMP/ MTs kelas VIII ( Drs. Sumarno dkk, Penerbit  Akasia, 2010, Jakarta )
-          LKS  Jasa Perniagaan Friend 06 paket 2 ( Media Raya, Surakarta )

6. Langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan
Uraian Pembelajaran
Waktu




-       


-       

PERTEMUAN  2
Kegiatan
Awal

Mengkondisikan  Kelas
  1. Mengkondisikan kelas
Ø    Menyapa dan mengabsen peserta didik
  1. Mengkondisikan Siswa
Ø  Membagikan  modul  buku  kas
Ø  Membacakan  standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dicapai
Ø  Menjelaskan tujuan,proses pembelajaran materi  buku kas

Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan menanyakan kepada beberapa siswa  tentang    uang  kas  yang  dimiliki. Sehingga siswa diharapkan berjiwa jujur dan hemat.

10 ‘
 Kegiatan
Inti
EKSPLORASI
Dalam  kegiatan eksplorasi, guru mendiskusikan  materi   pembukuan buku  kas.
-      Guru membimbing siswa menemukan konsep  pengertian, macam, buku  kas.
-      Guru dan siswa mendiskusikan  materi  buku  kas.

ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru meminta peserta didik :
-      Mencermati  latihan soal yang ada
-      Guru menjelaskan   cara penyelesaian soal .
-      Peserta didik mempraktekkan penyusunan  buku  kas   dari latihan  soal  dengan teliti


KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
-      Memberikan  konfirmasi serta penguatan positif terhadap jawaban yang diberikan peserta didik.
-      Membuat refleksi tentang kesan yang dirasakan serta pengetahuan yang didapat hari ini tentang  buku  kas.
60’
Kegiatan
Akhir
Rewiew
-      Salah satu peserta didik memberikan kesimpulan  materi  buku  kas.
-      Guru memberikan  penguatan kesimpulan  materi  buku  kas
Penugasan
-      Siswa ditugaskan mempelajari materi pertemuan berikutnya mengenai  materi  buku  bank
-       
10 ‘




-       


-       





-       


-       





-       


-       


7. Penilaian
    Bentuk instrumen
-              Praktek

No
Indikator
Instrumen
1.
Menjelaskan  pengertian  buku  harian
Jelaskan  pengertian buku  harian
2.
Mengklasifikasi  macam  buku  harian
Sebutkan  macam  buku  harian
3.
Mendefinisikan  pengertian  buku  kas
Jelaskan  pengertian  buku  kas
4.
Mendeskripsikan  perubahan kas
Jelaskan  perubahan  kas
5.
Mengklasifikasi macam  buku  kas
Sebutkan  macam  buku kas
6.
Mendeskripsikan  bentuk  buku  kas
Jelaskan  bentuk  buku kas
7.
Mendeskripsikan  cara  mengisi  buk  kas
Jelaskan  cara  mengisi  buku  kas
8.
Mempraktekkan  pembukuan  buku  kas
Pencatatan  buku kas kelas  VIII SMP N 29 Jakarta selama  bulan  Juli tahun  2011 sebagai berikut :
Juli   2        : Diteima  iuran    dari  20  siswa @ Rp. 10.000,00 sejumlah Rp. 200.000,00
Juli   5        : Dibeli sapu, pel, dan tempat sampah sebesar  Rp.  100.000,00
Juli   9        : Diterima iuran   dari 10 siswa @ Rp. 10.000,00 sejumlah Rp. 100.000,00
Juli  15       : Dibayar  biaya  fotokopi sebesar  Rp. 5.000,00
Juli  20       : Dipinjam  Budi untuk beli dasi Rp. 15.000,00
Juli  21       : Diterima  pelunasan pinjaman dari Budi Rp. 15.000,00
Juli  23       : Diterima iuran dari  10 siswa @ Rp. 10.000,00 sebesar  Rp. 100.000,00
Juli  25       : Dibeli kunci gembok  lemari Rp. 20.000,00
Juli  27       : Dibeli  pewangi ruangan 2 buah @ Rp. 7.500,00 sejumlah Rp. 15.000,00
Diminta     : Buatlah pencatatan buku kas  skontro



Skore Penilaian dan Kunci Jawaban

No
Kunci   Jawaban
Skore
1.
PENGERTIAN  BUKU  KAS
Adalah buku yang digunakan untuk mencatat penerimaan dan pengeluaran uang .


2.
PERUBAHAN  JUMLAH  KAS
Bertambahnya kas karena :
1.      Penerimaan  pendapatan
2.      Penerimaan  tagiha  / piutang
3.      Penerimaan  bunga   bank
Berkurangmya  kas  karena :
1.      Pembelian  tunai
2.      Pembayarann utang
3.      Pembayaran  biaya


3.
Jenis buku kas :
1.      Buku Kas  Harian
Adalah   buku kas yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan selama satu hari ( setiap hari ).
2.      Buku Kas Bulanan
Adalah buku kas yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan selama satu bulan ( dimulai dari awal bulan sampai akhir bulan ).



4.
BENTUK  BUKU  KAS
1.      Buku Kas Bentuk Skontro
Adalah : Buku  kas yang lajur atau kolomnya dibagi  menjadi dua bagian.Bagian kiri merupakan sisi debet ( mencatat penerimaan ) dan bagian kanan merupakan sisi kredit  ( mencatat pengeluaran ).
2.      Buku Kas Bentuk  Staffel
Adalah  : Buku kas  yang  bagian  debet dan kredit letaknya berdekatan. Bagian  debet  untuk mencatat penerimaan dan bagian  kredit  untu  mencatat pengeluaran. Saldo merupakan  selisih antara  jumlah debet dan  kredit.
3.       

5.
CARA  MENGISI  BUKU  KAS
1.      Transaksi diawali  dari  data neraca  awal atau  saldo bulan  lalu
2.      Saldo awal  kas dimasukkan  sebelah  debet
3.      Transaksi  dicatat menurut urutan waktu  ( kronologis  )
4.      Penerimaan dicatat sebelah  debet
5.      Pengeluaran  dicatat sebelah  kredit
6.      Pada  akhir  bulan, buku kas ditutup dan dicari saldonya
7.      Saldo akhir dihitung dari selisih debet dengan  kredit ( ditulis di bagian yang jumlahnya lebih kecil )


8.
Buku Kas skontro
                                                                                                                                 K
Tanggal
Uraian
Jumlah
Tanggal
Uraian
jumlah
2011
Juli
2
Diterima  iuran    dari  20  siswa @ Rp. 10.000,-
Rp. 200.000
00
2011
Juli
5
Dibeli sapu, pel, dan tempat sampah
Rp. 100.000

00


9
Diterima iuran   dari 10 siswa @ Rp. 10.000,00
Rp. 100.000

00

15
Dibayar  biaya  fotokopi
Rp. 5.000
00
00

21
Diterima  pelunasan pinjaman dari Budi
Rp. 15.000
00

20
Dipinjam  Budi untuk beli dasi
Rp. 15.000
00
00

23
Diterima iuran dari  10 siswa @ Rp. 10.000
Rp. 100.000
00

25
Dibeli kunci gembok  lemari
Rp. 20.000
00
00






27
Dibeli  pewangi ruangan 2 buah @ Rp. 7.500
Rp. 15.000
00
00







Saldo
Rp. 260.000

00


Jumlah
Rp. 415.000
00


Jumlah
Rp. 415.000
00
00


Nilai    : Skore yang diperoleh
             ---------------------------------  X 100
              Skore Maksimal



Mengetahui,                                                                                     Jakarta,      Pebruari  2015
Kepala SMP Negeri 29 Jakarta                                                        Guru Mata pelajaran

Dra. Siti Hairunisa, MPd                                                                 Yuli Erkhinah, SPd
NIP. 195706011985032004                                                                        NIP. 197307251998032003


1 komentar: