RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP
Negeri 29 Jakarta
Mata Pelajaran :
Jasa Perniagaan
Kelas / Semester :
VIII / 2
Aspek : Pemahaman dan penerapan
Standar Kompetensi : 3. Memahami dan membukukan transaksi keuangan ke dalam buku harian dalam tata
buku tunggal
Kompetensi Dasar : 3.2. Membuat buku
debitur dan kreditur
Indikator
:
Peserta didik mampu :
Ø
Mendefinisikan pengertian buku kreditur
Ø
Mendeskripsikan perubahan utang
Ø
Mendeskripsikan aturan
pembukuan buku kreditur
Ø
Membuat bentuk kolom buku kreditur
Ø
Mempraktekkan pembukuan buku kreditur
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini,
peserta didik mampu :
Ø
Mendefinisikan pengertian buku kreditur
Ø
Mendeskripsikan perubahan utang
Ø
Mendeskripsikan aturan
pembukuan buku kreditur
Ø
Membuat bentuk kolom buku kreditur
Ø
Mempraktekkan pembukuan buku kreditur
1.Materi pembelajaran
Ø
pengertian buku kreditur
Ø
perubahan utang
Ø
aturan pembukuan buku kreditur
Ø
bentuk kolom buku kreditur
Ø
praktek pembukuan buku kreditur
2. Metode
Pembelajaran
Model : Cooperatif
Learning
Metode : Ceramah
interaktif, Tanya jawab, penugasan.
3.
Media pembelajaran
-
Tayangan dari power point
4.
Sumber Belajar
-
Buku Jasa Perniagaan untuk SMP/
MTs kelas VIII ( Drs. Sumarno dkk, Penerbit
Akasia, 2010, Jakarta )
-
LKS Jasa Perniagaan Friend 06 paket 2 ( Media
Raya, Surakarta )
6. Langkah-langkah
pembelajaran.
Kegiatan
|
Uraian
Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Mengkondisikan Kelas
Ø
Menyapa dan mengabsen peserta
didik
Ø
Menayangkan video dari
internet. Peserta didik mengomentari tayangan tersebut.
Ø
Membacakan standar kompetensi dan kompetensi dasar
yang akan dicapai
Ø
Menjelaskan tujuan,proses
pembelajaran materi buku kreditur
Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan menanyakan
kepada beberapa siswa tentang bagaimana proses terjadinya
utang. Sehingga siswa diharapkan berjiwa wirausaha
|
10
‘
|
Kegiatan
Inti
|
EKSPLORASI
Dalam
kegiatan
eksplorasi, guru menayangkan materi
pembukuan buku kreditur
-
Guru membimbing siswa
menemukan konsep pengertian,
perubahan, aturan pembukuan dan bentuk kolom buku kreditur
-
Guru dan siswa
mendiskusikan materi buku kreditur.
ELABORASI
Dalam
kegiatan elaborasi, guru meminta peserta didik :
-
mencermati
latihan soal yang ada
-
Guru menjelaskan cara penyelesaian soal .
-
Peserta didik mempraktekkan
penyusunan buku kreditur dari
latihan soal dengan teliti
KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
-
Memberikan konfirmasi serta penguatan positif terhadap
jawaban yang diberikan peserta didik.
-
Membuat refleksi tentang
kesan yang dirasakan serta pengetahuan yang didapat hari ini tentang buku
kreditur
|
60’
|
Kegiatan
Akhir
|
Rewiew
-
Salah satu peserta didik
memberikan kesimpulan materi buku
kreditur.
-
Guru memberikan penguatan kesimpulan materi buku
kreditur
Penugasan
-
Siswa ditugaskan belajar untuk ulangan harian 1 pada pertemuan
mendatang.
|
10 ‘
|
|
|
|
7. Penilaian
Bentuk
instrumen
-
Tes tertulis
-
Praktek
No
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Mendefinisikan pengertian buku kreditur
|
Jelaskan pengertian buku kreditur
|
2.
|
Mendeskripsikan perubahan
utang.
|
Jelaskan faktor yang menyebabkan
perubahan utang
|
5.
|
Mendeskripsikan aturan pembukuan
buku kreditur
|
Jelaskan aturan pembukuan buku kreditur
|
6.
|
Membuat bentuk kolom buku
kreditur
|
Buatlah bentuk kolom buku kreditur
|
|
|
|
7.
|
Mempraktekkan pembukuan
buku kreditur.
|
Data
Toko “ AMIN “ Jakarta, selama bulan Agustus
2011 sebagai berikut :
Agustus 1 :
Saldo awal Kreditur Dhisma
Jakarta Rp. 6.000.000,00.Kreditur Nabila , Jakarta Rp. 7.000.000, sedangkan
Kreditur Revant , Jakarta Rp.2.000.000,00.
Agustus
5 :
meminjam uang kepada Dhisma
Rp. 500.000,00
Agustus
7 : Meminjam uang
kepada Nabila Rp. 1.000.000,00
Agustus 8 :
Meminjam uang kepada
Revant Rp. 1.500.000,00
Agustus 15 :
Dibayar utang kepada Revant
Rp. 500.000,00
Agustus 20 :
Dibayar utang kepada
Nabila Rp. 3.000.000,00
Agustus 25 :
Dibayar utang kepada
Dhisma Rp. 2.000.000,00
Diminta : -
Bukukan transaksi tersebut
ke dalam buku kreditur
-
Buatlah daftar
saldo buku kreditur
|
Skore Penilaian dan Kunci
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skore
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
Buku
Kreditur adalah buku yang
dipergunakan untuk mencatat
terjadinya piutang dan
ditiadakannya utang.
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Perubahan utang
Terjadinya / bertambahnya utang :
-
Membeli barang
secara kredit
-
Meminjam uang
kepada orang lain
Ditiadakannya / berkurangnya utang :
-
Pelunasan utang
-
Penghapusan utang
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Aturan pembukuan :
1.
Saldo awal
dicatat disebelah kredit
2.
Utang bertambah
disebelah kredit
3.
Utang berkurang
disebelah debet
4.
Saldo akhir dihitung dari
selisih kredit dikurangi
debet
5.
Saldo akhir ditulis di bagian yang lebih kecil
6.
Jumlah saldo akhir,
merupakan saldo awal bulan berikutnya
7.
Saldo awal bulan berikutnya
dicatat dengan cara disilang
8.
Satu buku kreditur,
berlaku untuk satu
orang
9.
Dibuatkan daftar saldo
utang
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Kolom Buku Kreditur
Nama
, Kota
-
Buku kreditur
Dhisma, Jakarta
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
PENYELESAIAN
Nabila , Jakarta
Revant, Jakarta
|
Nilai
: Skore yang diperoleh
---------------------------------
X 100
Skore Maksimal
Mengetahui, Jakarta, Pebruari 2015
Kepala SMP
Negeri 29 Jakarta Guru
Mata pelajaran
Dra. Siti Hairunisa, MPd Yuli
Erkhinah, SPd
NIP. 195706011985032004
NIP. 197307251998032003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar